Pada hari ini jumaat 05 juli 2024 bertepatan dengan Dzulhijah 1445 H, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyyah (STIT) Diniyyah Puteri Rahmah El-Yunusiyyah Padang Panjang melakukan kegiatan Jumaat berkah dengan membagikan paket makan untuk jamaah Sholat Juma’at  masjid  Asliyah Pasar Usang yang ada di depan Museum Rahmah el-Yunusiyyah Padang Panjang. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh perguruan Diniyyah Puteri setiap hari jumat yang digagas langsung oleh Kepala depertemen Pendidikan Dr. Laili Ramadani,MA. 

Adapun setiap unit Pendidikan yang ada di Perguruaan Diniyyah Puteri Padang Panjang diberi kesempatan untuk menyalurkan sedekahnya dengan cara berbagi 182 paket makan siang kepada jamaah Sholat Jumat yang baru selesai melaksanakan sholat di Masjid Asliyah Pasar Usang. Dengan ada kegiatan ini pihak kampus Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyyah Diniyyah Puteri Rahmah El- Yunusiyyah Padang Panjang langsung menugaskan kepada Civitas Akademika terutama Wakil Ketua III Dr. Taufik Rahman sebagai penangung jawab kegiatan ini. Kegitan ini tentu turut serta dibantu oleh mahasiswi berbagai semester untuk menyalurkan sedekah paket makanan dalam kegiatan jumat berkah ini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyyah Diniyyah Puteri Rahmah El-yunusiyyah Padang Panjang

Dengan adanya kegitan ini dapat meningkatkan semangat ibadah kita di hari jumat sebagaimana Sedekah atau Shadaqah adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta, namun mencangkup segala amal atau perbuatan baik. Dalam kegiatan bersedekah, ada Upaya untuk mencari ridho Allah, mengundang pahala serta kebaikan bagi pelaksananya.

Jumat adalah hari yang memiliki sejumlah keutamaan bagi umat Muslim. Allah memuliakan umat Nabi Muhammad SAW. dengan hari Jumat, yang tidak diberikan kepada umat-umat nabi terdahulu. (TR)