Jumat, 5 Juli 2024 Universiti Teknologi  Malaysia (UTM) berkunjung ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam ke Sumatera Barat. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya mempererat kerjasama dan melakukan berbagai aktivitas internasional khususnya  PTKIS Se-Sumbar 

Hadir dalam delegasi dari Malaysia yakni Prof. Madya Dr. Siti Zaitun, Wakil Dekan Bidang Riset dan Inovasi Fakulti Computing Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Prof Madya Dr. Mohd Shahizan Bin Othman, Head of Research Group Inteligence Informative Research Group (IIRG), Prof Madya Dr. Mohd Murtadha Bin Mohammad, Menejer Riset, dan Apri Junaidi, M. Kom, MCS Reserch Asistent UTM.

Acara ini digagas oleh  Forum Komunikasi pimpinan Perguruan Tinggi  Keagamaan Islam Swasta se-Sumatera Barat. Delegasi dari UTM tersebut disambut hangat  langsung oleh Ketua Forum Komunikasi Pimpinan PTKIS sekaligus  Ketua STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah Padang Panjang  Dr. Syarifatul Hayati, Lc,MA dan beberapa pimpinan PTKIS se Sumatera Barat. 

Dalam kunjungan yang berlangsung di Hotel ZHM Premiere Padang tersebut, disepakati adanya kerjasama dengan UTM diantaranya Students Mobility Program, kolaborasi riset, Community Development,  dan juga visiting lecture serta seat in class secara online.

Setelah itu dilanjutkan dengan implementasi   kerjasama dengan kegiatan Stadium General dengan mengusung tema “ Revolusi Penulisan Artikel Ilmiah: Integrasi Artificial Intelligence untuk konten yang inovatif” dipaparkan oleh Prof Shahizan dengan hangat dan penuh semangat. Prof Shahizan menjelaskan, saat ini sedang berkembang riset mengenai artificial intelligence (AI).

Bidang ini sangat berkembang dan sangat membantu dalam mempermudah aktivitas kehidupan manusia. 

Kegiaan ini  diakhiri dengan penandatangan perjanjian kerjasama antara Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dengan masing masing Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) se-Sumatera Barat semoga kunjungan ini membawa dampak positif yang  signifikan untuk kedua belah pihak. (SH)