Tasya Sabila, mahasiswi prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STIT Diniyyah Puteri berhasil jadi pemenang Sayembara Penulisan Karya Berbahasa Daerah tahun 2024 yang diadakan Balai Bahasa Sumatera Barat. Acara pertemuan pemenang dan pemberian hadiah diadakan pada Senin, 1 Juli 2024 di Aula Balai Bahasa Sumbar, Cupak Tangah, Kec. Pauh, Kota Padang. Karya-karya terpilih mencakup cerita-cerita berbahasa Minangkabau dan Mentawai. 

Tasya Sabila, mahasiswi yang saat ini sudah masuk semester VI berhasil menang sayembara untuk jenjang B2 yang diperuntukkan untuk anak-anak berumur 7-9 tahun. Buku cerita anak berbahasa daerah tersebut berjudul “Arak Bako Uni Nova”. Buku ini bercerita tentang tradisi dan kearifan lokal khas daeah Solok, Sumatera Barat yang dikemas dalam bentuk bahan bacaan bagi anak menggunakan bahasa daerah minangkabau. 

Menyikapi keberhasilan tersebut, Dr.Syarifatul Hayati,Lc,.MA selaku Ketua STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah mengucapkan syukur atas keberhasilan yang diperoleh mahasiswinya. “Alhamdulillah Tasya berhasil memenangkan sayembara penulisan karya berbahasa daerah tersebut. Saya berharap mahasiswi lainnya terus berlatih dalam penulisan terutama buku cerita anak yang termasuk dalam ranah pendidikan anak usia dini. Kami juga terus mendukung mahasiswi untuk terus berkarya dalam menyalurkan ide-idenya melalui tulisan” ucapnya.

Sementara itu, Tasya Sabila mengaku sangat senang mendapatkan prestasi tersebut. Hal ini merupakan pengalaman pertama baginya menang menulis lomba cerita anak. Sebelumnya mahasiwi asal Solok ini memenangkan karya tulis ilmiah berupa opini dan essay sehingga ini menjadi pengalaman pertama baginya. (Wafeeyatus Tsania Anwar/Tasya Sabila/Diniyyah News)